Senin, 14 Oktober 2019

Pencegahan Penularan Infeksi Penyakit Hepatitis B


Anda mungkin sudah tidak asing lagi ya dengan penyakit hepatitis. Ada beberapa jenis dari hepatitis. Infeksi yang ada mudah untuk menular. Meskipun begitu Anda tidak perlu merasa khawatir karena tetap bisa dicegah. Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan sebagai pencegah penularan dari penyakit hepatitis B.

Pencegahan Penularan Infeksi Penyakit Hepatitis B

1.      Vaksin Hepatitis B
Menerima vaksin untuk hepatitis B merupakan perlindungan paling baik. Apabila Anda terpapar virus orang lain, segera hubungi dokter. Setelah itu, dokter pun biasanya akan merekomendasikan obat untuk hepatitis B khusus yang mana dikenal dengan immunoglobulin agar Anda gunakan secara rutin selama 2 minggu.

Ketika vaksin untuk hepatitis B diberikan ke orang dengan risiko terkena infeksi ini, maka tubuh pun akan dirangsang membuat antibodi. Antibodi sendiri yang nantinya akan melawan virus hepatitis apabila sewaktu-waktu masuk pada dalam tubuh.

2.      Lebih Berhati-hati dengan Pemakaian Jarum
Pemakaian jarum atau juga peralatan medis yang kurang atau tidak steril bisa meningkatkan risiko dari terkena infeksi hepatitis. Hal ini harus Anda waspadai terutama bagi tenaga medis yang mana melakukan kontak secara langsung dengan pasien hepatitis.

Selain itu, pemakaian jarum secara asal misalnya jarum yang digunakan pada saat membuat tato atau juga jarum yang digunakan bergantian pada saat memakai obat-obatan terlarang. Hal ini bisa menjadi sarana paling mungkin bahkan juga sering sebagai penyebab terjadinya hepatitis.

3.      Jangan Berbagi Peralatan Pribadi
Berbagi bersama orang lain bukan menjadi hal yang buruk dilakukan, namun Anda serta keluarga juga harus tahu kapan waktu tepat untuk berbagi serta hal apa saja yang sebaiknya dibagikan. Berbagi barang misalnya mainan, buku, dan hal lainnya mungkin tidak jadi bermasalah.

Hindari untuk sikat gigi, pisau cukur, atau juga gunting kuku, serta berbagai barang pribadi lainnya. Darah yang mana terinfeksi dapat menempel pada alat pribadi yang digunakan sehingga bisa meningkatkan risiko dari penularan penyakit hepatitis b pada orang lain.

4.      Rajin Mencuci Tangan
Meskipun mencuci tangan memang terdengar sepele, namun cara yang satu ini nyatanya juga efektif sebagai salah satu solusi untuk mencegah penularan penyakit hepatitis. Oleh sebab itu, sebaiknya dari sekarang Anda membuat kebiasaan pada keluarga Anda mencuci tangan sebelum maupun sesudah makan.

Ada juga aktivitas lain seperti mencuci tangan setelah dari kamar mandi, serta sebelum ataupun setelah mengolah bahan makanan. Selain itu, selalu menjaga kebersihan tubuh akan jadi hal penting untuk dilakukan, sehingga risiko untuk terkena hepatitis akan semakin kecil.

Kini Anda tidak perlu ,merasa khawatir ya sebab meskipun menular penyakit jenis hepatitis B tetap bisa dicegah sedari sekarang. Sehingga risiko terkena penyakit yang satu ini juga semakin rendah. Lebih baik mencegah dari sekarang daripada mengobati di kemudian hari.