Sabtu, 25 Januari 2020

Buat Rumah Nyaman Bebas Tikus dengan Menggunakan Bahan Alami

Tikus merupakan hewan pengerat yang keberadaannya dianggap cukup mengganggu. Apalagi kemunculannya di rumah sering membuat histeris, mungkin anda salah satunya. Tikus sering kali datang dari tempat yang tidak terduga. 

Tikus juga diyakini sebagai biang penyakit. Jadi, banyak orang yang memutuskan untuk membasmi hewan satu ini. Namun, itu bukanlah hal yang mudah. Sering kali lem tikus dan obat pengusir lainnya tidak mempan. Tikus juga cukup pintar memilih tempat sembunyi dan sulit ditangkap secara langsung. Tapi tahukah anda ada lagi cara jitu untuk mengusir tikus dari sarangnya? 

Buat Rumah Nyaman Bebas Tikus dengan Menggunakan Bahan Alami

Cara Jitu Mengusir Tikus dengan Bahan Alami yang Ada di Dapur
Ternyata ada loh cara mengusir tikus dengan bahan alami. Selain lebih efektif dan ramah lingkungan, penggunaan bahan alami juga ramah dikantong. Lalu bagaimana cara mengusir tikus dan apa saja bahan yang bisa digunakan? Berikut ulasannya.

1. Merica 
Merica atau biasa disebut lada, baik hitam atau putih keduanya bisa digunakan untuk mengusir tikus. Cukup haluskan merica lalu siapkan kain berpori besar atau kasa untuk membungkusnya. Buat dengan ukuran sedang. Setelah itu simpan di tempat tikus bersembunyi.

2. Bubuk Kopi 
Walaupun aroma kopi banyak disukai orang, ternyata bagi tikus aroma kopi tersebut sangat mengganggu. Hal ini dikarenakan tikus memiliki penciuman yang cukup tajam. Untuk memanfaatkan bubuk kopi sebagai pengusir tikus cukup taburkan bubuk kopi (tanpa gula) di tempat tikus keluar. Diamkan hingga tikus keluar baru bersihkan bubuk tersebut.

3. Teh 
Siapa yang tidak mengenal teh? Aroma khasnya bisa membangkitkan semangat orang. Tapi justru berbalik dengan tikus, hewan ini sangat anti dengan bau wangi yang ditimbulkan teh. Sama seperti kopi cukup letakan teh bubuk atau kantung di dekat sarang tikus.

4. Bawang putih
Beda dengan yang satu ini, jangan kan tikus manusia pun ada yang anti dengan bahan alami yang satu ini. Yup, bawah putih. Baunya yang sangat menyengat ternyata bisa loh digunakan untuk mengusir tikus. Cukup tumbuk bawang putih lalu bungkus dan simpan tempat tikus bersarang.

5. Cangkang Telur
Cangkang telur bagi kebanyakan orang hanya akan menjadi limbah dapur yang dibuang. Namun, jika Anda memiliki masalah berupa gangguan tikus di rumah, cangkang telur bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Caranya cukup dengan mengeringkan cangkang telur dengan dijemur. Selanjutnya cangkang ditumbuk hingga halus dan bubuk ditabur di area sekitar rumah.

6. Daun Mint
Daun mint adalah salah satu daun herbal yang memiliki beragam manfaat kesehatan. Jika Anda memiliki daun mint di rumah, maka manfaatkan saja sebagai pengusir tikus. Caranya cukup dengan memblender daun mint sampai hancur. Daun yang sudah hancur dicampur air dan dimasukkan ke botol semprotan. Cairan tersebut disemprot ke daerah yang dilalui tikus.

7. Buah mengkudu
Selain kaya manfaat untuk tubuh kita, mengkudu juga berkhasiat untuk mengusir tikus. Buah mengkudu memiliki aroma yang cukup kuat terutama untuk Indera penciuman seekor tikus. Untuk memanfaatkan buah mengkudu sebagai pengusir tikus sangat gampang. Cukup potong buah mengkudu menjadi beberapa bagian kemudian setiap potongan diletakan di sarang tikus. 

Beberapa cara mengusir tikus di atas bisa jadi opsi untuk anda. Mudah bukan? Anda cenderung tidak perlu mengeluarkan uang karena semua bahan ada di dapur rumah. Rumah terasa nyaman dan terbebas dari tikus. Selamat mencoba ya!